Berapa Lama Pin Adsense Dikirim Sampai Kerumah? Ini Pengalaman Saya


Halloo Mas Bro kembali lagi dengan saya Sony Mahardika. Kalian kesini pasti dalam keadaan galau karena sedang digantung sama Google. Bagaimana tidak, pin google yang sudah dikirim beberapa minggu bahkan beberapa bulan yang lalu tak kunjung sampai kerumah. Benarkah demikian?

Maka dari itu kali ini saya akan
bercerita sedikit pengalaman saya tentang Pin Adsense. Bagi orang awam mungkin akan terdengar tidak penting tapi bagi Blogger atau Youtuber pemula seperti saya itu sangat penting dan sangat ditunggu-tunggu.

Karena tanpa Pin itu kita tidak bisa terima/terhambat dalam menerima gaji dari adsense. Karena fungsi Pin tersebut untuk memVerifikasi alamat kita seperti halnya verifikasi nomor telepon akan tetapi itu berupa alamat. Kasaranya untuk memastikan kebenaran alamat kita.

Bagaimana jika Pin tersebut benar-benar tidak sampai kerumah kita, apakah kita masih bisa verifikasi alamat dan menerima gaji? Jawabanya masih bisa. Hanya kita harus nunggu sampai request ke 3 (kira-kira tiga bulan) karena untuk bisa request kedua kita harus nunggu satu bulan dan seterusnya.

Lalu dengan apa kita verifikasi nantinya? Jawabanya dengan KTP.  Setelah request ke 3 masih belum sampai barulah nanti ada pilihan verifikasi alamat dengan KTP. Untu caranya gimana silahkan googling, karena saya tidak akan menjelaskan itu hehe.


Langsung saja masuk kecerita saya.
Waktu itu saya akhir September 2017 saya membuat channel Youtube dan saya mulai semangat upload karena iming-iming uang dari Adsense hehe. Dalam waktu kurang dari 2 bulan channel saya sudah mencapai syarat monetisasi yaitu 10.000 penayangan (karena waktu itu syarat belum seperti sekarang yang mengharuskan 1000 subscriber dan 4000jam penayangan baru bisa ditinjau untuk dimonetisasi).

Tidak seperti sekarang,  waktu itu pun peninjauan tak lebih dari 24jam (malamnya saya ajukan pagi sudah disetujui). Enak kan? Hehe

Saya juga sempat terkena suspend karena ketidaktahuan saya tentang iklan divideo saya. Waktu itu saya suka nge-klik dan menonton iklan saya sendiri alhasil adsense saya dibekukan selama 1 bulan sampai akhir Januari 2018.

Setelah itu dibulan Febuari saldo Adsense saya sudah mencapai 10$ yang artinya harus verifikasi alamat. Saat itulah saya pertama kali request Pin Adsense, dengan semangat saya mulai mengisi alamat dengan benar dan klik "kirim pin".

Setelah menunggu 1 bulanan Pin tak kunjung datang dan diAdsense pun sudah muncul menu request untuk ke2 kalinya. Saya pun request lagi sampai ke 3 kalinya, sampai saya nyaris putus asa dan menunggu pilihan verifikasi KTP muncul.

Setelah sekitar 1 bulanan akhirnya Pin saya sampai 3 sekaligus. Waktu itu saya pulang kerja tahu-tahu pin sudah ada dikamar. Alangkah bahagianya saya waktu itu. Tanpa nunggu lama saya langsung masukan pin itu untuk verifikasi dan langsung berhasil.. horeee hehe

Ternyata pin yang selama ini saya tunggu ada dikantor Pos. Buktinya sampai ada 3 semuanya dikirim ke rumah saya dengan tanggal pengiriman sama seperti yang saya request. Jadi total saya menunggu sudah 3 bulanan untuk mendapatkan Pin tersebut. Hmm cukup sabar kan saya hehe

Dibalik cerita bahagia saya menerima Pin sebenarnya ada jugan cerita tidak menyenangkannya. Waktu itu mulai pertengahan Febuari syarat untuk bisa tetap memonetisai channel Youtube diharuskan mempunyai 1000 subscriber dan 4000jam waktu penayangan.

Dimana saat itu subscriber saya sudah 2000 lebih tapi jam tayang saya yang masih sekitar 3500jam. Alhasil akun adsense saya dinonaktifkan karena tidak memenuhi syarat yang baru. Dan saya mulai malas upload video.

Tak kurang dari 1 bulan kemudian jam saya sudah mencapai 4000jam. Tapi tak semudah yang dulu dalam peninjauan. Kini tim Youtube lebih ketat lagi dalam memilih partner. Karena saya jarang upload bahkan tidak pernah upload alhasil peninjauannya pun sangat lama.

Bayangkan dari awal Maret sampai Agustus saya baru dapat email dari Adsense yang mengabarkan kalau monetisasi saya ditolak dengan alasan duplikasi (copyrightl. Sempat saya ajukan 2x tapi ditolak lagi. Setelah saya cari-cari ternyata saya ingat kalau pernah ada video saya yang terkena copyright dan saya hapus.

Dan kemarin saya sudah mencabut klaim tersebut dan akan saya ajukan lagi nanti di awal desember 2018. Semoga saja channel Youtube saya dapat dimonetisasi kembali.. aminnn..

Oke sekian dulu cerita dari saya. Sampai jumpa lagi diartikel berikutnya.... Terimkasih

No comments:

Post a Comment