Maksud Dari 1000 Subscriber & 4000 Jam Waktu Tonton Dalam 12 Bulan Terakhir




Hallo Mas Bro sekalian...
Ketemu lagi dengan saya Sony Mahardika. Kali ini saya ingin bahas seputar Youtube. Soalnya saya suka kesal kalau lihat postingan diGrup Facebook yang lumayan banyak ditanyakan dan sering, yang bunyinya kayak gini ni "bang apakah kalo dalam 12 bulan jam tayang kita nggak nyampe 4000 apakah kita harus mulai dari awal lagi?" dan seperti ini "bang gimana kalo dalam 12 kita nggak dapat 1000 subscriber? Apakah channel kita akan dinonaktifkan?".
Ya pokoknya kira-kira begitulah dan masih banyak lagi pertanyaan yang mirip seperti itu, yang pada intinya mereka gagal paham saat membaca maksud dari "1000 subscriber dan 4000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir". Maka dari itu saya ingin sedikit memberi penjelasan soal itu.

Di jaman sekarang banyak sekali cara mendapatkan/mencari uang diinternet salah satunya diYoutube. Maka dari itu jaman sekarang tidak sedikit orang yang berlomba-lomba membuat channel Youtube, yang tujuannya tidak lain adalah menghasilkan uang.

Kalau dulu orang hanya iseng atau sekedar hobi bikin video lalu diupload ke Youtube dan menganggap uang hanyalah bonus, tapi tidak untuk sekarang. Banyaknya iming-iming uang dan kesuksesan diYoutube membuat cara berfikir orang-orang menjadi sedikit berbeda. Kalau yang dijaman dulu orang mikirnya "hobi dulu, uang mah cuma bonus" dan dijaman sekarang orang mikirnya uang banyak tapi bingung mau bikin konten apa. *saya contohnya hehe*

Dan saking pinginnya orang-orang sukses diyoutube dari yang masih SMP sampai yang sudah bapak-bapak pun sekarang berlomba-lomba membuat konten yang menarik untuk diupload diYoutube. Banyak yang berhasil dan banyak juga yang menyerah ditengah jalan. Banyaknya orang yang ingin terjun ke dunia perYoutube'an, maka banyak juga orang-orang awam yang pikirannya hanya uang. Saking awamnya sampai banyak pertanyaan digrup facebook Youtubers Indonesia yang bunyinya seperti ini "bang gimana caranya bikin channel youtube?" dan "bang gimana caranya cari uang diyoutube?" ada lagi "bang apa maksudnya 1000 subscriber & 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir?. Nah ketahuan awam kan tapi melek soal duit hehe.. Saya sebenernya juga masih pemula tapi setidaknya saya paham jawaban dari pertanyaan diatas.

Maka dari itu saya disini mau bahas tentang pertanyaan 1000 subscriber & 4000 jam tayang.


Maksud Dari 4000 Jam Tayang Dalam 12 Terakhir & 1000 Subscriber


Oke langsung saja yang pertama tentang 1000 subsciber. Masa iya kalian nggak paham? Okelah kalau memang masih bingung saya jelaskan. Itu maksudnya kalian disuruh mengumpulkan Subscriber sampai 1000 itu saja. Gimana jelas kan? Untuk subscriber kita tidak dibatasi waktu 12bulan seperti halnya jam tayang. Tapi ingat jangan saling subscribe ya atau kata lainya sub4sub, karena itu hanya akan dianggap spam oleh Youtube yang nantinya bakal dihapus oleh pihak Youtube pada masa peninjauan (berdasarkan pengalaman saya).

Yang kedua tentang 4000 jam tayang. Nah ini yang orang-orang gagal paham. Ada yang mengira itu adalah menit padahal sudah jelas ada tulisan 4000jam (240.000 menit). Dan ada juga yang mengira kalau tidak dapat 4000jam dalam 12 bulan maka harus memulai lagi dari nol. Nahloh tambah bingung kan? Wkwkwk..
Jadi yang dimaksud 4000jam tayang dalam 12 terakhir itu ya selama satu tahun terakhir kita yang bakal dihitung jam tayangnya. Misal channel kita usianya 18 bulan (satu setengah tahun). Dan misal setiap bulannya kita dapat 10.000 menit penayangan maka selama 18 bulan kita dapat 180.000 dong, tapi yang bakalan dihitung hanyalah 12 bulan terakhir (120.000) tidak semuanya, dan seterusnya. Jadi tidak perlu memulai dari nol lagi apalagi channel kita dinonaktifkan (soalnya masih ada yang mengira seperti itu). Sekarang sudah paham kan?

Jadi intinya jam tayang kita hanya diambil selama satu tahun terakhir dan untuk subscriber tidak akan dikurangi sama sekali selamanya, kecuali ada yang unsubscribe atau kalian melakukan sub4sub (karena itu akan dianggap sampah oleh tim Youtube). Dan kemungkinan lain Subscriber kalian anda berkurang adalah karena dihapusnya akun-akun tersebut karena sudah terdeteksi tidak aktif. Kenapa saya tahu? Karena saya menulis disini berdasarkan pengalaman saya pribadi. Beberapa hari lalu Channel saya juga kehilangan 150an subscriber dalam sehari tepat bersamaan channel saya ditolak sama google adsense. Setelah saya ingat-ingat ternyata saya dulu pernah sub4sub pas awal-awal membangun channel, bahkan secara terang-terangan saling komen dengan ajakan saling subscribe. Itu yang  secara jelas dapat terdeteksi spam oleh Youtube.

Jadi jika kalian benar-benar ingin terjun didunia Youtube lebih baik fokus membuat video yang berkualitas dan original. Patuhilah kebijakan Youtube dengan baik. Jika memang Channel anda berkualitas pasti akan mendatangkan penonton dan subscriber yang berkualitas juga. Yang akan setia menunggu setiap video anda.


Mungkin itu saja sedikit coretan pengalaman dari saya, mohon maaf jika masih banyak kekurangan/kesalahan. 
Jika ada yang mau ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar...

...Terimakasih...

180 comments:

  1. Thnks Sekarang Saya Sudah Mengerti Tentang 4000 Jam Waktu Tonton 12 Bulan Terakhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tank gan sarannya bener2 bermanfaat

      Delete
    2. Bang pertanyaan saya simple doang mohon dibales ya...🙏

      Apa harus pakai akun google buat lam buat nge yt baru bisa di monet? Kalau akun goole baru dibuat bisa gk bg?

      Delete
  2. Mas sony saya mau tanya,awal chanel saya buat tahun 2017.
    Sekarangpun juli 2019 target 4000jam belum trcapai..sedangkan desember 2019 sebentar lagi..misalkan pada bulan juny 2020 sy baru bisa mncapai target 4000 jam dan 1000 sub.. apa bisa dimonetis? Yg dimaksud 12 bulan itu selama 2020 atau 2019-2020..? Jika yg dimaksud 12 bulan itu hanya di thn 2020 berarti video yg slma ini sy upload tidak masuk hitungan donk? Alias gagal..? Tlg bls ke email sy ya mas.. haryanto.0501@gmail.com terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, jika juni 2020 bisa mencapai syarat monetisasi channel anda bisa diajukan untuk ditinjau monetisasi. jadi nggak harus nunggu Desember atau hanya selama tahun 2020.
      jadi video tahun berapapun itu kalau selama 12 bulan terakhir masih ada yg menonton itu berarti masih masuk hitungan..

      Delete
    2. ohhh jadi itu 12 bulan dihitung saat peninjauan youtube ya mas?

      misalnya saya pengajuan peninjauan monetisasi september 2019 jadi sampai september 2020 ya mas?

      Delete
    3. dihitungnya saat itu juga gan, saat anda punya channel dan upload video dan mulai mmpunyai viewer. jadi mulai saat itulah dimulai perhitungan 12 bulan terakir.. nanti kalo udah mencapai syarat 4000jam 1000sub otomatis lgsg diajukan/ditinjau oleh youtube

      Delete
    4. Bang kalo kita subcribe orang, dan daang iti subcribe balik . Apa bs di katakan sub4sub? Kita kn gak tw orang itu mw sub setelah kita kita sub

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Chanel abg yang di tolak sama google gimana dongg, ada solusinya ?
    Atau abg gak bisa lagi untuk monetisasi selamanya chanel abg ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk saat ini jam tayangnya sudah mlorot alias turun drastis gara-gara saya males bikin video lg, dulu ditolaknya gara-gara duplikasi konten..
      untuk monetisasi aku yakin kok masih bisa kalau nanti jam tayangnya sudah memenuhi syarat..hehe

      Delete
  5. Replies
    1. Bg misalkan saya mulai januari 2020 nah januari 2021 kan dah 12 bulan, misalkan dalam 12 bulan itu, saya ada satu/dua bulan ga buat video sama sekali, itu termasuk hitungan 12 bulan juga ga?

      Delete
  6. kalau belum 12 bulan tapi udah mencapai gimana bang bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya malah bagus. bisa langsung ditinjau/diajukan

      Delete
    2. Gimana kita tau yt sudah monetize akun kita? Apa yt akan contact kita via email? Atau kita yg harus ngirim email atau mengajukan ke pihak yt nya?

      Delete
  7. bg saya upload video pertama 1 januari 2019 dan setelah itu saya stop dan mulai lagi juni 2019, dari awal juni saya rutin upload video di youtube dan saya daftar monetisasi nya pas bulan juni pas saya rutin upload video, jadi hitungannya dari mana itu bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi dihitungnya itu 12 bulan mundur kebelakang gan, misal sekarang kan bulan november, jadi selama november 2018 sampai november 2019 ditotal berapa perolehan jam tayangnya,, gitu... masalah mulai kapan kamu upload tetep yg dihitung 12 bulan kebelakang

      Delete
  8. ohhh jadi itu 12 bulan dihitung saat peninjauan youtube ya mas?

    misalnya saya pengajuan peninjauan monetisasi september 2019 jadi sampai september 2020 ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengajuan peninjauan itu otomatis mas nanti kalo sudah mencapai syarat yg ditentukan,.
      contohnya bisa lihat balasan komen saya sama mas Rizki dibawah ini...

      Delete
  9. Mau nanya nih, tolong jawab ya bang.
    Ini gua buat contoh agar mudah gua ngejelasinnya dan abang mudah buat ngejawabnya. Oke
    Misal january s/d Desember 2019 (12 bln) itu hanya 120.000 menit.
    Dan january s/d Desember 2020 (12 bln) bisa mengumpulkan 220.000 menit.
    Naah.. jika di tambahin kan 320.000 menit artinya sudah lebih dari 240.000 menit (peraturan youtube). Apa seperti itu bang ?
    Atau misal january s/d Desember 2020 (12 bln) hanya bisa mengumpulkan 220.000 menit. Yaudah tetep aja ngga bisa karena belum 240.000 menit. Meskipun kalo ditambahin udah 320.000 menit ..
    Jadi intinya january s/d desember itu harus 240.000 menit . Apa gituu bukan bang ?

    Makasih sebelumnya dan nice artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi gini gan,, misal sekarang kan bulan november, nah jadi yg dihitung itu mulai dari november 2018-november 2019 gitu. nah misal kita memasuki bulan desember nih, berarti yg dihitung itu ya mulai dari desember 2018-desember 2019, jadi perolehan jam tayang bulan november 2018 sudah lenyap tidak masuk hitungan lagi.. dan begitu seterusnya sampai kamu mendapat 240 000 menit... jadi bukan mulai januari perhitungannya

      Delete
  10. Misalnya bang dalam 12bulan kita hanya bisa kumpulin 20.000 menit sedangkan seharusnya harus 24.000 menit,, jadi apakah berarti channel nya gakbakal di Monet yt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa bang.. masih ada bulan-bulan selanjutnya

      Delete
  11. durasi penayangan itu dihitung dari konten kita atau orang yang menontonnya nya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang saya masih bingung nih maksudnya gini bukan sii jadi ketika upload video 3 video contohnya nah video yang pertama dpt 6.500 views yg lainnya cuma 100 dan 40 an berarti itu udh memenuhi jam tayang? soalnya kira saya 4000 jam tayang dr viewers yg nonton beratrti klo udh 6500 udh memenuhi standar donk? mohon infonya ya bang

      Delete
    2. Gk gitu gan,situ cuba di simak dulu betul2.

      Delete
  12. Gan tolong jawab pertanyaan saya dong, kalau kita buat video jadi "tidak publik" apakah jam tayang video tersebut dihitung juga sama pihak yt buat ditinjau??

    ReplyDelete
  13. Gimana Gan kalo terlanjur pernah komen di video subs4subs??? 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya ketika anda komen berbau kata-kata subscribe dan terdeteksi spam oleh youtube kemudian ada seseorang baca dan klik channel anda kemudian dia klik subscribe di channel anda, itu tidak membuat subsriber anda bertambah.. *maaf kalo salah bisa dikoreksi

      Delete
  14. Jangan Lupa Juga mampir ke Channel aku Ya Sobat : Bukan S Gaming

    ReplyDelete
  15. misi bg mau nanya, maksud 4000 jam tonton waktu publik itu gmna ya, soal nya kan akun saya udah 200 menitan, sekuta 3,3 jam an lah bg, kok oas check di monites nya masih 0 jam dari 4000 jam waktu tonton publik bg, mohon penjelasan nya
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jam tonton publik itu jumlah lamanya orang-orang menonton video anda.
      kemungkinan itu penonton video anda udah lama (lebih dari setahun yg lalu) jadi nggak masuk hitungan.
      atau malah penonton/video anda masih baru banget jadi delay..

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Maaf Bang mau tanya,4000 jam tayang itu berlaku untuk semua video atau per video ? Terima kasih atas pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bantu jawab. siilhkan koreksi jika salah 4000 jam tayang itu total semua video anda bang.

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Terima kasih atas penjelasannya bang. Pertanyaan saya, contoh video saya diupload pertama sekali di bln juli 2020, total misalkan ada 40 video dan ternyata total jam tayang semua video smpai juli 2021 hanya 220.000 menit (otomatis kurang 20.000 mnt utk standarisasi YT) alhasil blm bisa di monetisasi dari pihak YT. Seandainya tiba" yg menonton tambah drastis di agustus 2021 (contoh penambahannya ada sekitar 60.000 jam tayang). untuk disini apakah jam tayang kita di periode agustus 21-22 masih terhitung akumulasi (220.000 + 60.000) atau hanya 60.000 jam tayang saja yang nantinya dihitung untuk periode yang baru ?, yaitu periode agustus 2021 - agustus 2022 ?. Mohon balasannya ya bang. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus nih pertanyaanya. Tumben Jelas hhe. Oke lngsung saja..
      Kalo kayak gitu berarti dihitungnya mulai agustus 2020 - agustus 2021 gan. Jadi rumusnya gini ((220.000 - jam tayang juli 2020) + 60.000).
      Trimakasih kembali🙏

      Delete
  20. Kalau buat akun babyak lebih dari 5 untuk nambah subscribe boleh ndak bang ??

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Abang ko saya cek channel youtubr saya menit nonton selalu berkurang itu kenapa ya

    ReplyDelete
  23. bg mau nanya, saya buat channel youtube april 2018 selama 2018 saya upload video 3 video. lalu vakum. baru pada tahun 2019 saya upload video 4 dan viewersnya lumayan naik lalu tahun ini 2020 saya ypload video lagi dan jam tayang saya naik drastis bg. dan skrg masih 400 jam tayang. misalnya tahun depan (2021) saya tembus 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, apa video saya di tahun 2018 dan 2019 apa bisa tetap masuk 4000 jam tayang ya? mohon di jawab bg. dan maklum saya msh blm mengerti. terimakasih bng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ganti taun ga masuk hitungan.yang di hitung adalah 12 bulan teakhir setelah kita upload video pertama itu tgl berapa taun berapa bisa di cek begitu kalo keliru harap maaf.

      Delete
    2. oke bang akan saya jawab semampu saya. Jadi gini, yang masuk hitungan 4000 jam itu bukan soal kapan video itu diupload tapi soal kapan orang-oranf menpnton videomu.. misal video kamu uploadnya 2018 tp saat itu tida ada yg nonton eh pas 2020-2021 malah meledak (anggap saja langsung 4000 jam). nah disitu akan tetap terhitung di dalam jam tayang saat itu.. itu saja dari saya kurang lebihnya mohon maaf..

      Delete
  24. bang mau nanya dong, misalkan saya punya 3 akun google, yang satu buat channel youtube, yang dua akun lagi sebagai subscribe akun pertama, dan akun ke dua dan ke tiga selalu nonton berulang kali video channel youtube akun pertama.
    apakah waktu tayang atau yg di tonton oleh akun dua dan tiga apakah bakalan dianggap atau dihitung sebagai penonton atau cuma 1 akun 1 kali nonton video channel akun pertama

    maaf bahasanya kurang tertata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwkwk ni pertanyaan yng sulit di pahami.
      Tapijawabannya gampang....

      Kaya pertanyaan matematika anak sd.
      Wkwk

      Delete
    2. google itu canggih bang, perbuatan seperti itu akan sangat mudah sekali terdeteksi

      Delete
  25. Permisi bang saya mau bertanya. Akun youtube saya dibuat dari tahun 2018. Tapi saya baru membuat video pertama pada tahun 2020 bln 3. Apakah akun saya masih bisa dimonet bang? Padalah baru saja mau dikembangkan. Gimana ya bang?

    ReplyDelete
  26. Aku bertanya sebagai pemula nih bg. Monetisasi itu sebulan sekali yaa . 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. anjay sebulan sekali, menstruasi itu namanya bukan monetisasi wkwkwk

      Delete
    2. Wkwkwk....sakit perutku baca komennya. Dipikir YouTube tu perempuan

      Delete
  27. Bang mau nanya, saya punya channel youtube dari bulan agustus 2019 tapi belum upload video sama sekali. Saya upload video pada bulan ini, april 2020. Itu berarti peninjauan untuk syarat 1000 subs dan 4000 jam tayang dihitung dari agustus 2019-2020 atau april 2020-2021 ya? Thanks bang

    ReplyDelete
  28. Maaf bos mau tanya 4000 jam waktu tonton itu perhitungannya per-video atau akumulasi dari semu video yang kita upload...makasih bos mohon di jawab🙏

    ReplyDelete
  29. Bang ada perbedaan jam tayang saya dengan yt studio dan syarat monetisasi. Perbedaan 70 jam jd gmn nig

    ReplyDelete
  30. Bang jd begini yang mau saya tanyakan...
    Saat di cek di halaman analytic studio youtube dalam 365 hari terakhir tertera 90 (JAM)
    tapi saat saya cek di bagian halaman monetisasi yg icon $ dalam 12 bulan terakhir hanya ada 6 jam an, intinya dari halaman analytic dengan halaman monetisasi, hasil jam nya berbeda.
    Mohon bantuannya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyimak kronologi sama, tolong di jwb yg

      Delete
    2. up gan, baru denger dan belum pernah mengalami yang kaya gitu. biasanya selisih nggak banyak" amat

      Delete
  31. Aku mau tanya 1000 subscriber dan 4000 jam tanyang dihitung dari awal bikin chanel youtube atau saat upload video pertama?

    ReplyDelete
  32. Jadi setiap tahun hitungan nya ya bg
    1tahun ga dapat 4000jam hangus hitung jam
    Tahun berikutnya gadapat hangus 4000jam
    Sampai dapat 4000jam genap setahun
    Begitu klo kusimpulkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak gitu bang, coba deh baca lagi sama baca dikomentar diatas

      Delete
  33. Assalamualaikum kak... :)
    Ka saya mau tanya .. kalo misalnya akun saya udah 1000 subcriber lebih terus udah 240000 menit(4000 jam tayang) dalam 2 bulan berarti saya udah memenuhi syarat buat monetisasi?
    Tolong bantu jawab ya kak

    ReplyDelete
  34. Terimakasih pa Sonny. Bearti dalam youtube kita gak boleh ada ajakan subscribe ya.

    ReplyDelete
  35. Kak kalau misalnya kita buat akun nya 2017 tapi upload vidionya kemarin, dihitungnya dri kapan?

    ReplyDelete
  36. Bang mau nanya, kenapa jam tayang yg 4000 jam sama yg penayangan suka beda ya? Misalnya di analytic penayangan saya 26 jam, sedangkan di monestisasi masih 24 jam, dan jumlah subs nya pun berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalo itu saya juga belum tau alasan pastinya.. Yg jelas yg dipake yg di monetisasi

      Delete
  37. klo nonton video sendiri di pc tanpa login yt, jam tayang nya + gk om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang ngaruh gk kalau kita bikin akun google baru untuk nge youtube, pertanyaan saya apa bisa di monet kalau akunnya masih baru? Atau harus pakai akun google yg lama? Baru bisa di monet

      TerimaKasih
      Semoga dibales amin

      Delete
  38. Terima kasih atas penjelasannya bang.Saya mau nanya contoh diupload pertama kali di bln september 2019, total ada 60 video dan misalkan total jam tayang semua video smpai September 2020 hanya 220.000 menit (otomatis kurang 20.000 mnt utk standarisasi YT) alhasil blm bisa di monetisasi dari pihak YT. Terus Gimana Itu Bang Padahal Kan Kurang Dikit Lagi untk mencapai 240.000 menitnya?..Tolong Jawaban nya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingung saya jelasinya gan.. Pokonya bikin terus aja gan.. Masih ada bulan" selanjutnya

      Delete
    2. saya bantu jawab gan...berdasarkan tnya jwab di ane baca emnang bner chanel agan blm masuk bisa ditinjau untuk di monetisasi YT tp tnang ja akumlasi jam tayang pada blan brkutnya mngkin bisa.. jd krng lbihny bgni..klo agan selama stu thun blum nyntuh 4000 jam tayang yotube akan menghtung pd bln brkutnya bergser stu blan tapi tetap hrus genap satu tahun apakah mencapai 4000 jm atau tidak..klo tdak, bergser lagi satu bulan (tp ttap harus genap 1th) apakah msuk 4000 jam tyang tdak..mngkin sprti itu..krng lbihnya mhon dikoreksi

      Delete
  39. Bang mau nanya dong,saya mohon dijawab
    Jadi saya dulu upload video bulan April 2019 untuk kepentingan sekolah lalu video itu saya privat.
    Nah sekarang bulan maret 2020 saya mulai aktif lagi bikin konten dan watch timenya naik drastis..
    Kalau ini berati dihitung periode maret 2020-2021 ya bang? Jadi yg tahun 2019 tidak dihitung kan??
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg dihitung adalah penonton selama 12 bulan kebelakang gan

      Delete
  40. Kak kalo umur akun youtube ku baru 5 bulan udah 4000+ jam tayang 1,3 subs bisa di monet g kak?

    ReplyDelete
  41. Bang gimana kalau sudah 12 bulan terakhir youtube saya belum sampai 1000 subscribe dan 4000 jam tayang,apakah masih bisa di monetisasi

    ReplyDelete
  42. Cek Channel ku yahh 🙏 yang baik bantu like Subscribe 😁

    ReplyDelete
  43. Bang nanya dong.. kalo teman teman saya pada nonton video saya berulang ulang. Apakah jam tayang saya bertambah terus atau tidak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  44. Msh ttg 4000 jam tayang bang, apakah maksudnya jika video kita durasinya katakan 10 menit lalu dilihat oleh 300 org diartikan sebagai 3000 jam tayang? Pertanyaan bloon ya bang, tp emang jujur aku msh blm paham bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misal 300orang nontonya sampai habis berati benar anda dapat 3000 menit.. Itu baru menit ya gan.. Satu jam kan ada 60 menit

      Delete
  45. Hallo kak mau tanya,contoh satu video ditonton 10 orang dengan durasi full dan ditonton 30 orang dengan jam tonton 3 menit,itu hasilnya mana yang lebih banyak ya?dalam hitungan Monet,pertanyaan konyol tapi kadang masih kepikiran pertanyaaan ini.makasih

    ReplyDelete
  46. Sama gan. di yutub studio aplikasi hapeuhape 400an jam. di studio versi web di menu monetisasi (lambang dollar) 158jam aja.

    ReplyDelete
  47. akhirnya saya paham sekarang,
    ternyata untuk cari duit sekarang butuh 4000 jam dan 1000 subscriber... hehehe
    piss ah..

    terima kasih nginponya ya mas sony

    ReplyDelete
  48. Wah bahaya ini mah skrang lagi rame sub4sub wkwkw bisa gawat nih termasuk saya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp bos. Banyak kok yg sub4sub sub5sup ato sub8sub monet juga kok.
      Adu nasib aja bos. Sipa tau yt khilaf

      Delete
  49. Bang, saya ini youtuber pemula trus kemarin saya pernah ikut komen sub4sub tapi komennya sekarang sudah saya hapus, itu nanti pas ditinjau gimana bg? Apakah bakal ditolak?
    Terus bang, jika kita sub4sub lewat fb itu bakal ketahuan gak sama pihak youtube nya?
    Mohon bantu jawab ya bang
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kamu di ampuni. Berdoa aja.. Kita harap YT menherti kita butuh duiy menyambung hidup

      Delete
  50. bang mau tanya nih, ane yg masih bingung maksut dari 4000 jam tayang itu apakah durasi video yg kita buat selama 4000 jam atau video yg kita upload udah ditonton selama 4000 jam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4000 jam selama 12 bulan terakhir dari jumlah jam tayang seluruh video yang telah di upload

      Delete
    2. 4000 jam itu jam tangan ato jam dinding ya gan?? Bingung jadinya

      Delete
    3. Itu 2000 jam dinding 1500 jam seken sisanya jam karet

      Delete
    4. Gan mau tanya. Kok YT tau ya kita putar video pake akun lain ug juga punya kita.trus klo akun teman kita yg putar video kita YT tau hak gan.. Pake akun ponakan kita YT tau gak ya kita yg duruh dia piyar video kita. Jangan jangan Klo aku nonton video agan YT kira kita sodara.. Jadi takut nonton YT. Takut youtube salah sangka

      Delete
    5. Hehehe...yutub bisa salah sangka ternyata. Dicoba saja sampe trcapai 4000 jam dan 1000 sub, nanti kan bisa tau dengan sendirinya. Pengalaman adalah guru terbaik. Wekekekekek...kalo salah ya maapin

      Delete
    6. Pusing saya jelasinnya harus gimana lagi wkwk

      Delete
  51. Kak Sony Chanel saya dari 2017 sampe 2020 sekarang belum memenuhi persyaratan...pertanyaan nyah kalo di lanjutin,terus ntar kalo sudah memenuhi persyaratan apakan bisa di Monet?

    Mohon pencerahannya terima kasih🙏😊

    ReplyDelete
  52. Kak.. Mau tanya.. Jika dahulu vidio kita di klaim hak cipta saat monetisasi, kemudian vidio itu kita ubah jadi privasi.. Apakah masih di tolak monetisasinya?

    ReplyDelete
  53. Tolong bantu subscribe chanel saya
    Nama chanel: sahrul phy

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum bang.... Maaf jikalau selama 15 bln juga g tembus juga gimana tuh bang?

    ReplyDelete
  55. Bang kira2 misalkan saya ngeyoutube udah sampai 12 bulan? Tapi jam tayang saya ? Tidak sampai 4000 jam? Apakah dibulan ke 13 akan berkurang? Pada dasarnya kan banyak tuh tiba2 yg bulan ke 13 eee jam tayangnya awalnya 1400 jdi 152 gimana tuh bang? Mohon penjelasan apakah saya stop youtube apa tidak perlu bang kan saya masih ragu bang? Kan masa juga saya ngulang terus sampai 4000 jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjut terus gan.. Kalo sampai bulan ke 13 berati penonton bulan ke 1 tidak dihitung.. Begitu seterusnya masih ada bulan" selanjutnya.. Gasss teruss

      Delete
  56. kalo video sudah hapus apakah jam tayang hilang

    ReplyDelete
  57. Berarti kita bikin video yang nyampai durasi 4000 jam dalam 12 bulan terahir itu ya

    ReplyDelete
  58. Mau tanya bang tlng dijawab
    Saya bikun channel youtub sekitar th 2018 dan baru aktif unggah vidio sekitar bulan juni 2020.saya mendapatkan subscreber dg cara ikut komunitas live diyoutube disitu saya saling sapa antar youtuber pemula yang pada akhirnya saling kunjung mengunjungi dichannel kita masing2, pertanyaannya apakah perbuatan saya ini yang saling sub memicu ditolaknya ketika saya mengajukan monetisasi kelak? Dan apakah dengan rutin live diyoutube supaya youtuber berkumpul dan saling sub akan menambah jam tayang?

    ReplyDelete
  59. Bang , aku mau tanya kan aku sering tuh ngelakuin sub4sub nah itu kalo misalnya mau daftar gogel adsen bisa gak, kalo gak bisa caranya bagaimnaa soalnya canel saya udah 2 tahun dan kalo di mulai ulang kan sayang, jadi gimana solusinya bang

    ReplyDelete
  60. Bang, please jawab ya jadi gini saya buat akun YT itu Januari 2020 dan saya mulai Upload video itu Juli 2020, itu perhitungannya pas kita buat akaun yt apa pas kita upload video

    ReplyDelete
  61. Terus bagaimana kasus jual beli jam tayang dn subscribe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. youtube sudah canggih untuk mendeteksi semua itu.. saran saya sih nggak usah pakai yang kaya gitu... tapi kalo mau coba" ya monggo

      Delete
  62. Ini yg pada tanya ngga nyimak dr awal apa ya

    ReplyDelete
  63. Tanya Gan, akun yotube saya akun lama tapi subcribe sedikit, sudah punya akun adsense pernah ditangguhkan karna tidak pernah upload video atau mungkin kena copy right hak cipta, pernah masuk pendapatan iklan $0.15,
    Pertanyaannya apakah akun saya bisa monetes jika subcribe saya hanya sedikit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa asal memenuhi syarat yang baru dan diajukan lagi

      Delete
  64. Bang mau nanya akun saya 2017 sampai sekarang belum ke kejar 4000 jam tayang apa itu masih aman semua video saya dan tidak ada pengaruh untuk monetize setelah 4000 jam tayang nanti,,makasih bang

    ReplyDelete
  65. https://youtu.be/VdTz4n98lGg

    Assalamualaikum yuk mampir semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  66. Bang sony mahardika,sedikit tanya sub4sub yg di maksud itu apakah pakai aplikasi sub4sub? Atau misal gini, mas chanelmu apa tolong suscribe chanelku,nanti aku suscribe balik chanelmu..kyk gtu?

    ReplyDelete
  67. Mau tanya ni kak. Kalo kita saling subscribe dan terus tonton video sekitar 4 menitan.. apakah YouTube menganggap spam

    ReplyDelete
  68. Berarti kalau subscribe nya hasil dari saling subscribe sesama pengguna youtube ... Maka akan di anggap spam ya mas....

    ReplyDelete
  69. Terima Kasih Kak Infonya Sangat Bermanfaat Sekali Jadi Sekarang Saya Sudah Tidak Bingung Lagi

    ReplyDelete
  70. Trimaksh mas sony skr sy tau apa itu 4000 jam tayang

    ReplyDelete
  71. Mas aku mau tanya sy kan masih akan mulai dan sdg blajar2 di youtube dan sdg cari subscribe, jika andaikan koleksi video kt srg dinonton tapi subscribe nya dak nyampai 1000..ini bgmn mas..apa jg bisa di monetisasi? Karena aku pernah melihat subscribe 400 tp jam tayangnya 3500 view..terima kasih atas jawaban nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. View sama jam tayang ga sama.... View bisa diliat siapa saja dlm sebuah video d YT, jam tayang liat di channel mu via yt studio, analytics...kalo salah jawab, benerin yaaa

      Delete
  72. Kak mau tanya,,, kalo video yg kita hapus dari cenel kita,, trus kita upload lg di cenel kita, apakah bermasalah?

    ReplyDelete
  73. Bg ijin bg bertanya..
    Kalo misalnya YouTube kita di tonton di warnet bertambah GK bg.. soalnya warnet kan banyak GK ada akun google nya bg... Pliss jawab bg

    ReplyDelete
  74. Panggah gak dong...dibaca lagi dari awal diulang2 terus bacanya sampai paham wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di lakuin saja bikin konten di channel, ntar kan bisa tau sendiri. Tau masih ga ngerti...mari kita tertawa bersama sama...wekekekekekekek

      Delete
  75. Bang klo semisal gua nonton YouTube dan gua skip apa itu juga bisa masuk itungan? Atau nonton ya harus full dan GK boleh di skip?

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. Bang, saya udah ngecek di analistiknya udah ada watch time hours nya 4.4k
    Tapi waktu saya cek di monetisasinya jam tayang saya jadi 142.. kok bisa gitu ya?? Mohon penjelasannya bg..

    ReplyDelete
  78. Kak Sony, sy blm dong. Maksudnya 4000 jam tayang itu = jumlah total durasi video yg kita unggah di youtobe atau jumlah total views

    ReplyDelete
  79. Ahahha sumpah ngakak banget baca komennya,tapi sabar banget kak Sony responnya,semoga sukses dan berkah selalu yah mas

    ReplyDelete
  80. Mau dong kalo bsa nambah sampe 10.000 subscriber.

    Ini dia cara Nambah 10.000 Subscriber

    ReplyDelete
  81. Maaf bang
    Gua mau nanya
    Misalnya dalam 12 bulan terakhir jam tayang sudah tercapai 4000 jam tayang
    Tapi subcriber belum sampai target
    Apa jam tayang itu tadi hangus bang?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu lagi bang
      Kalau misalnya jual beli subscriber sama jam tayang itu bakal kedetek sama yt bang??

      Delete
  82. BantuTontonVideoKuDong
    https://youtu.be/GfX1svvDo2E
    Arjun ardiansyah)

    ReplyDelete
  83. bang, saya mau tanya
    saya masih baru di YT, saya mau tanya
    tentang 4000 jam tayang, apakah jumlah jam tanyang munculnya 1thn sekali baru bisa di lihat, atau per perbulan atau gimana bang ?
    terimakasih bang, di tunggu jawaban nya hehe

    ReplyDelete
  84. Nanya gan, apakah kalo pakai situs pelipatgandaan vieeer sejenis ra.....views itu dilegalkan pihak youtube?

    ReplyDelete
  85. Bang klo pke view dan Subscriber dari Uc channel bahaya ngga bang ?

    ReplyDelete
  86. Bangmau tnyak masalah akun youtube ..
    bagaimana jika nama akun youtubenya bukan asli nama kita apakah ada pengaruhnya pada saat di monites? dan jika akun google adsense nya berbeda dengan akun yt apakah masih bisa di monitise juga ?

    ReplyDelete
  87. Lucky Star Casino - MapyRO
    Find 순천 출장마사지 the location 시흥 출장샵 of Lucky Star Casino in El Paso, Texas near Yerling City. Trails leading 광주 출장마사지 to:. Find the location of Lucky Star Casino in El 김제 출장마사지 Paso, TX. 안양 출장안마

    ReplyDelete